Merenungi Ayat Al-Qur’an Tentang Ilmu

Home » » Merenungi Ayat Al-Qur’an Tentang Ilmu
Ketika kita membaca Al-Qur’an kita seringkali menjumpai ayat-ayat yang mengandung kata ilmu yaitu ayat yang mendorong agar umat islam agar selalu belajar.  Saking pentingnya ilmu pengetahuan sampai-kata ilmu dalam Al-Qur’an diulang 854 kali dalam berbagai bentuknya. Wahyu pertama yang Allah turunkan kepada Nabi Saw juga menunjukkan betapa pentingnya ilmu dalam kehidupan kita sehingga pada wahyu pertama kepada Nabi Saw menyuruh untuk Iqra’ atau membaca, meneliti dan menelaah. Iqra' terambil dari akar kata yang  berarti  menghimpun.  Dari menghimpun  lahir  aneka makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu, dan membaca baik teks tertulis maupun tidak.

Wahyu  pertama  itu  tidak  menjelaskan apa yang harus dibaca, karena Al-Quran menghendaki umatnya membaca  apa  saja  selama bacaan  tersebut  bismi  Rabbik,  dalam  arti bermanfaat untuk kemanusiaan.  Iqra'  berarti  bacalah,  telitilah,  dalamilah, ketahuilah ciri-ciri sesuatu; bacalah alam, tanda-tanda zaman, sejarah, maupun diri sendiri, yang tertulis maupun yang tidak. Alhasil,  objek  perintah  iqra'  mencakup segala sesuatu yang dapat dijangkaunya.

Dalam islam mencari ilmu hukumnya wajib bahkan siapa yang mati ketika mencari ilmu maka allah Swt akan memberikan surga kepadanya. Ilmu merupakan suatu syarat agar seorang mukmin mendapatkan derajat yang lebih tinggi disisiNya. Baca juga tips mudah menghafal Al-Qur'an versi kami hanya 5 menit hafal satu lembar.




.
Share this article :