Kiat Mudah Menghafal Al-Qur'an

Home » » Kiat Mudah Menghafal Al-Qur'an
Kali ini kami akan berbagi tips mudah menghafal Al-Quran berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

1. Niat
Niat merupakan landasan utama dalam menghafal Al-Quran. Niat yang kuat diperlukan karena akan menentukan arah ke depan dan ketika kita menemukan kendala dan masalah dalam menghafal Al-Quran. " Jika ingin mulus menghafal Al-Quran murnikan niat karena Allah Swt".

2. Baca dan pelajari maknanya
Jika ingin mudah menghafal maka bacalah sampai anda ingat dan tahu dimana letak ayatnya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui artinya terlebih dahulu baru menghafalnya. Ini akan mempermudah kerja otak karena kita jelas lebih mudah menghafal sesuatu yang kita tau artinya.

3. Jangan berputus asa
Sering kita dengar ucapan yang menunjukkan seseorang malas dan berputus asa karena ketika menghafal ia menemukan kesulitan. Padahal Allah Swt dalam Surah Al Qamar telah menjelaskan bahwa Al-Quran itu telah diberikan kemudahan untuk dihafal. Ketika anda menemukan kesulitan sebaiknya anda terus berusaha untuk menemukan dan menjadikan Al-Quran sebagai hiburan agar menghafalnya pun menjadi suatu kesenangan. 

4. Enjoy & Fun
Jika ingin sukses menghafal Al-Qur'an carilah waktu yang tepat buat anda menghafal dan takrir (mengulang hafalan). Ini penting karena setiap orang mempunyai waktu menghafal yang berbeda-beda ada yang malam, ada yang pagi hari dan sebagainya. 

Itulah 4 hal yang perlu dilakukan bila anda memutuskan untuk menjadi seorang hafidz atau penghafal Al-Qur'an. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda Demi kemajuan blog ini. 
.
Share this article :